Tips budidaya ikan hias discus di akuarium yang benar

  • Whatsapp

Tips budidaya ikan hias discus di akuarium yang benar

Tips budidaya ikan discus salah satu faktor penting adalah Kwalitas air,kwalitas air untuk pemijahanan ikan discus Pada Budidaya ikan hias discus,dan ikan hias lainnya,kwalitas air memegang peranan yang sangat penting untuk menunjang keberhasilan,seringkalikarena ketidaktahuan pembudidaya atau hobis baru mengengenai kwalitas ai yang di perlukanuntuk memelihara ikan hias air tawar ini,khususnya budidaya ikan hias discus.

Apapun sumber air yang di gunakan,air yang di perlukan untuk pembenihan discus ini harus di olah terlebih dahulu agar sesuai dengan persyaratan yang di inginkan ikan discus dan ikan jaenis lainnya.Beberapa cara pengolahan air yang mutlak di lakukan adalah menghilangkan kaporit dan klorin,menyesuaikan pH dan menyesuaikan Dh.

Read More

Air pemeliharan discus dapat berupaair tanah atau sumur dan air PAM.Air tanah atau sumur pada umumnya sangat baik di gunakan untuk memelihara ikan discus ini,karena mengandung banyak mineral yang di butuhkan oleh ikan.Namun,sayangnya tidak semua pemelihara ikan discus dapat menggunkan air tanahkarena kondisinya belum tentu sesuai dengan persyaratan untuk memlihara ikan discus ini.

Untuk daerah yang dekat dengan pinmggir pantai biasanya mempunyai air dengan salinitas(kadar Garam)yang sangat tinggi,untuk daerah pesawahan pada umumnya mempunyai kandungan besi(Fe) dan mangan (Mn) yang sangat tinggi.Daerah berkapur biasanya mengandung kapur (Ca)yang tinggisehingga tidak cocok untuk di gunakan memelihara ikan discus ini.Begitupun untuk daerah pemukiman padat pada umumnya air tanahnya sudah tercemar oleh rembesan septic tank,air seperti itu yang sudah tercemar tentu tidak baik di gunakan untuk memelihara ikan discus ini.

Karena di habitat aslinya ikan discus ini hidup di perairanyang sangat jernihatau anak sungai amazon,dan suhunya pun relatif stabil sepanjang tahun.

Di daerah yang bukan merupakan bekas area persawahan dan belum tercemaroleh rembesan air lautair tanahnya dapat di gunakan untuk memlihara ikan discus,sebelum di gunakan ada baiknya air di rumah kita di cek terlebih dahulu di Lab untuk memastikan kandungan air di rumah kita sendiri bagus atau tidaknya untuk membudidayakan ikan discus ini.

Air PAM sangat baik di gunakan untk memelihara ikan discus ini karena air PAM sudah mengalami proses pernjernihan dan pembunuhan kuman-kuman patogen,Namun bahan untuk membunuh kuman tersebut seperti klorinamat berbahaya terhadap discus-discus yang kita pelihara di farm kita masing-masing.Oleh karena itu sebelum di pakai air PAM sebaiknya di endapkan terlebih dahulu sehari semalam dengan di beri airasi yang kuat agar klorinnya menguap.

Perbedaan Air Sumur Dan Air PAM

Perbedaan Air Sumur Dan Air PAM – Menurut pengalaman yang saya alami air PAM paling baik di gunakan untuk pemijahan karena pada umumnya aur PAM mempunyai kekrasan (dH,degree of Hardness)antara 1-3.Pada tingkat kekrasan tersebut ikan discus mempunyai naluri kawin atau memijah yang sangat baik.

Apabila dH air di irumah kita di gunakan untuk memelihara ikan discus di atas 3,ikan discus ini biasanyakurang memiliki naluri untuk memijah dan jika sampai memijah biasanya banyak telur yang tidak di buahi oleh jantanyadan mempunyai naluri menyusui yang kurang baik,serta cenderung memakan anaknya sendiri.

Untuk pembesaran anak-anak iakn discus ini lebih baik menggunakan air tanah atau air sumur di bandingkan dengan air PAM,air tanah menpunyai kandungan mineral yang sangat komplit sehingga anak discus lebih cepat tumbuh.

Cara menetralkan kaporit dan klorin air PAM

Pengolahan air dengan tujuan untuk menghilangkan kaporit dan klorin bila menggunakan air PAM, kaporit berfungsi untuk membunuh kuman, tetapi bagi ikan discus sangat berbahaya. Untuk menghilangkan kaporit dan klorin air PAM dapat menggunakan filter dengan media karbon aktif sebelum air di suplay ke tank aquarium, biasanya ini dilakukan selama kurang lebih 24jam tapi alangkah baiknya 2-3 hari baru di lakukan pergantian air tank aquarium,perlu di perhatikan dalam penginapan di toren air tank itu diberi airasi yang kencang guna untuk memecahkan melekul-melekul jahat yang dapat membahayakan ikan discus kesayangan kita. 

Filter karbon aktif di atas contoh nya, jika skala kecil carilah yang lebih murah, untuk filter air baiknya di backwash (cuci balik) setiap 4-7 hari sekali agar partikel-partikel yang menempel di filter di permukaan arang dapat terlepas sehingga karbon dapat menjadi aktif kembali. 

Cara menurunkan Ph air

Cara menurunkan Ph air – dapat di lakukan agar lebih optimal dalam membudidayakan ikan discus ini, Ph idealnya untuk memijahkan ikan discus ini di angka 6,3-6,8 pada pH tersebut ikan discus memiliki naluri untuk kawin yang bagus untuk berkembangbiak yang sempurna, dan lendir yang di hasilkan cukup optimal yang sangat di butuhkan untuk larva atau anakan dari pasangan discus ini. 
 
Apabila sumber air dirumah kita tidak sesuai dengan yang di harapkan karena merupakan point persyaratan yang sangat mutlak yang di butuhkan oleh pasangan discus ini, kita dapat menurunkan Ph air di rumah kita dengan menggunakan asam fosfat, sebagai contoh,bila Ph air berada pada kisaran 7,0-8,0 di gunakan larutan asam fosfat dengan dosis 1,5-2,5ml/100liter.
Pemberian asam fosfat ini di lakukan pada bak air di bak penampungan atau toren yang sedang di endapkan dan di beri akurasi yang sangat kuat, agar larutan folsat tercampur dengan merata. 
Air yang telah di beri perlakuan di berikan atau di gunakan jika sudah mencapai waktu batas yang telah di tentukan, baiknya di gunakan setelah 1×24 jam, pada saat itu air di pastikan stabil. 
Pada waktu pertama kali di berikan asam fosfat biasanya Ph air akan turun menjadi 5,5-4,5.Apabila air langsung di gunakan, hal ini sangat berbahaya karena discus akan mengalami yang di namakan Ph shock.Setelah di aeirasikan yang sangat kuat Ph air akan kembali secara perlahan naik kembali sesuai angka yang di inginkan.
Apabila kondisi air di rumah kita Ph terlalu kecil di bandingkan Ph standar, untuk menaikkan Ph tersebut sangatlah mudah, agan hanya menambahkan soda kue lalu di berikan airasi yang cukup kencang dan digunakan setelah 12-24 jam.Untuk mendapatkan dosis takaran yang tepat perlu di lakukan uji coba Lab beberapa kali sampai hasil yang di inginkan tercapai. 

Cara menurunkan dH air

Cara menurunkan dH air – atau sesadahan air menjadi peranan yang cukup penting dalam budidaya ikan discus ini,air dengan dH 1° berarti memiliki kandungan kalsium karbohidrat sebesar 17,9 mg/L.Kesadahan air untuk membudidayakan ikan discus ini di kisaran 1-3°.
 
Dan pada air yang kekerasannya di atas 3°, telur discus biasanya tidak dapat menetas dengan baik sehingga banyak yang busuk.Indukpun akan kehilangan naluri memijah dan menyusui, tetapi memiliki naluri makan yang tinggi. Itulah sebabnya air dengan kekerasan di atas 3° sangat cocok di gunakan untuk pembesaran anakan discus kesayangan kita.Selain itu kandungan kalsium nya pun sangat berguna untuk pembentukan tulang sehingga anakan discus kita akan tumbuh dengan cepat. 

Untuk menurunkan kandungan kalsium bikarbonat dapat digunakan filter dengan media resin kation. Filter ini banyak di jual di toko-toko penyediaan filter air, untuk menaikkan dH air dapat di tambahkan kapur dolomit atau kalsium karbonat ke dalam bak penampungan air. Dosis yang tepat dapat di peroleh dengan uji lab berulang-ulang. Cara kerja media filter ini adalah proses pertukaran ion. Ion Ca++ bertukar tempat dengan ion Na+ yang ada di dalam resin. Apabila air sudah jenuh media resin ini dapat di aktifkan kembali dengan larutan garam (NaCI).

Tips memilih indukan discus berkwalitas

Kwalitas indukan discus yang baik adalah kunci penting dalam memelihara ikan discus, berikut beberapa tips cara memilih indukan berkwalitas untuk para breeder pemula. 
 

Umur ikan discus yang sudah siap pijah

Indukan discus baiknya di pijahkan di umur 1,5 tahun lebih, gunanya untuk mendapatkan hasil gonat yang cukup baik saat pemijahan, jika agan memaksakan memijahkan discus di bawah 1,5 tahun hasil yang akan di peroleh tidak cukup baik, karena induk discus belum matang gonat, selain belum matang gonat induk discus pun belum mampu menyusui rayakan dengan sempurna.
 
Maka dari itu tips ini jangan di anggap sepele, agan harus pastikan umur discus di usia lebih dari 1,5 tahun. 
 
Sedangkan tanda-tanda sudah matang gonat biasanya discus tersebut akan menunjukkan tanda-tanda sudah mulai tertarik oleh lawan jenisnya.dan biasanya discus sering melakukan gerakan menari dengan menengadahkan kepalanya dan saling memandang lawan jenis nya. 
 
Apa bila discus sudah menemukan lawan jenisnya, maka pasangan tersebut akan memisahkan diri dari gerombolan nya dan mencari tempat yang aman untuk memijah/kawin.biasanya telur pasangan discus ini menaruh telurnya di subtrat sejenis cone yang terbuat dari tanah liat. 
 
Wilayah yang ada subtrat tersebut merupakan wilayah kekuasaan pasangan tersebut, jadi jika ada jenis ikan discus yang mendekati, pasangan tersebut tidak segan-segan untuk mengibaskan ekor dan siripnya guna menjaga telur yang sudah ada di subtratnya.
 

Pilih pasangan induk yang serasi

 
Serasi disini di jelaskan seperti memilih warna dan corak untuk mendapatkan keturunan yang baik. Keserasian pasangan yang baik biasanya dapat di lihat dari keharmonisan perilaku. 
 
Apabila pasangan induk tidak saling berkelahi maka pasangan induk tersebut dapat di katakan pasangan yang harmonis, pasangan discus yang harmonis akan sangat menguntungkan anaknya saat menyusui, karena pada saat akan dapat dengan aman tanpa terganggu, kondisi seperti itu akan sangat mendukung untuk pertumbuhan anak discus dengan sempurna. 
 
 

Pilih induk yang berukuran besar 

 
Ukuran tubuh induk unggul biasanya lebih besar dari saudara lainnya yang sempurna. Induk yang demikian dikatakan berukuran bongsor atau dengan kata lain pertumbuhan nya lebih cepat di bandingkan discus lainnya.Berat induk di usahakan seimbang, artinya tidak kurus  dan juga tidak terlalu besar. Kuncinya induk yang terlalu gemuk dapat mengalami gangguan pada reproduksi, dan sedangkan induk yang kurus mudah terserang penyakit dan biasanya kurang memiliki naluri untuk memijah. 
 

Pilih induk yang bentuk tubuh rounded shape dan hi-body dan hi-fins

Bentuk rounded adalah bentuk ciri khas discus.

Disini kunci utamanya jika anda memiliki atau memilih induk yang kurang bulat anakan discus tersebut cenderung akan mengikuti induknya, maka dari itu pilih dan cari generasi yang bagus untuk mendapat keturunan yang bagus pula. 

Pilih induk dengan ukuran mata yang seimbang

Ukuran mata juga harus di perhatikan ini menjadi suatu kriteria dalam memilih indukan  unggul, ukuran mata jangan terlalu besar dari semestinya, ini biasanya ikan discus itu pertumbuhan nya tidak normal atau bantet. 
 

Pilih indukan yang sehat

Kesehatan ini merupakan salah satu faktor point utama, jika anda memaksakan mengawinkan induk yang sedang sakit, itu sama saja percuma hanya buang-buang waktu karena indukan tersebut saat menaruh telur di subtrat indukan  jantan tidak akan mau membuahi dan anakan mereka  pun tidak akan tumbuh sehat, maka dari itu cari dan benar-benar agan perhatian dengan baik saat indukan discus mau memijah. 

Instalasi budidaya ikan discus

Perlengkapan budidaya ikan discus memerlukan instalasi yang cukup banyak mengeluarkan biaya, adapun biaya yang di perlukan untuk membeli sebuah peralon dll. 

Adapun yang harus di persiapkan di antaranya :

Tank aquarium

Tank aquarium disini Biasanya memerlukan 2 ukuran, ukuran yang pertama yaitu 100x50x35cm biasanya tank berukuran seperti itu di pergunakan untuk tempat pembesaran rayakan sampai ukuran 4-5″.
 
Tank aquarium yang ke 2 biasanya berukuran 40x40x40 tank ini biasanya di pergunakan untuk memijahkan ikan discus, ada juga yang berukuran 32.5x50x35cm.jadi terserah agan ingin menggunakan tank aquarium yang berukuran berapa. 
 
Saya pribadi mengusulkan pilih saja tank aquarium yang berukuran 100x50x35cm lalu kita bagi 3 dan di skat mati yah gan, gunanya agar air tidak rembes ke tank sebelahnya. 
Mengapa saya sarankan menggunkan tank aquarium tersebut, di luar sana jika kita perhatikan banyak yang menggunakan tank seperti itu, kelebihan nya, tempat tidak terlalu sempet untuk indukan discus dan rayakan nanti tidak akan pergi jauh dari induknya, karena ruang memijah nya terlalu sempit. 

Breeding filter

Filter ini sangat penting di pasang baik di pasang di tank aquarium pembesaran maupun tank aquarium breeding. Adapun guna filter sangat banyak, di antara nya agar tank aquarium sellau terlihat bersih,dll

Subtrat 

Subtrat disini berguna untuk menempelkan telur ikan discus saat memijah. Jika sudah tidak di gunakan lebih baiknya subtrat tersebut di cuci dan di jemur di bawah sinar matahari. 

Tempat pemijahan artemia

 
Alat di atas merupakan hal yang sangat penting utnuk pemeliharaan artemia, artemia untuk makanan rayakan  di usia 3 minggu sampai 1,5bulan, setelah itu agan dapat memberikan  pakan buatan seperti burger, lalu di selingkan dengan cacing belum iris tipis sampai besar berumuran 2 bulan an. 
 

Related posts