Jenis-jenis ikan cupang

  • Whatsapp

Tipe Ikan Cupang yang Bagus Buat di Budidayakan

Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang sangat terkenal. Mereka sangat disukai sebab bermacam wujud serta warna. Terdapat banyak sekali alterasi ikan cupang yang umumnya diklasifikasikan bagi warna, corak serta tipe ekornya.

Read More

Ikan cupang dapat belajar mengidentifikasi pemiliknya. Terdapat bermacam metode buat mengklasifikasikan ikan cupang. Ekornya dapat dilihat mulai dari wujudnya yang panjang serta mengalir hingga terdapat pula ekor pendek serta apik. Pola badan pula mempunyai banyak alterasi, mulai dari kombinasi bermacam warna sampai pola satu warna.

Bagaimanapun pula warna dari ikan cupang merupakan karakteristik khas yang sangat mencolok. Berikut merupakan jenis- jenis ikan cupang.

Tipe ikan cupang bersumber pada wujud ekor

  1. Ikan cupang crowntail

Ikan cupang crowntail merupakan salah satu tipe ikan cupang yang sangat terkenal. Spesies ini terkategori muda, awal kali dikembangbiakkan oleh Ahmad Yusuf dekat 25 tahun kemudian. Sirip dari spesies ini mempunyai tampilan semacam mahkota yang panjang. Dalam spesies ini ikan cupang jantan mempunyai warna yang mencolok sebaliknya ikan cupang betina mempunyai warna yang lebih cerah serta ekornya sedikit lebih pendek dibandingkan ikan cupang jantan

  1. Ikan cupang veiltail

Ikan cupang veiltail merupakan tipe yang sangat universal serta banyak ditemukan. Ikan cupang jantan dalam alterasi ini mempunyai ekor yang panjang serta menukik ke dasar. Ikan cupang jantan veiltail muncul dalam bermacam alterasi warna serta penampilannya yang luar biasa. Bila kalian mau membudidayakan ikan cupang, tipe ekor ini merupakan yang sangat dominan dibanding tipe yang lain. Betina veiltail sangat berbeda dibandingkan dengan yang jantan. Betina veiltail cenderung mempunyai warna yang lebih muda serta sirip dan ekornya yang pendek.

  1. Ikan cupang plakat

Ikan cupang plakat berbeda dengan mayoritas ikan cupang. Ikan cupang plakat memiliki ekor yang bundar serta pendek. Sirip ikan cupang plakat pula lumayan pendek dibanding dengan alterasi cupang yang lain. Tetapi, ikan cupang jantan plakat mempunyai warna yang sangat bagus dibandingkan yang betina. Tipe cupang ini dikira selaku wujud tradisional yang ditemui di alam liar. Nama plakat sendiri berasal dari bahasa thailand yang mempunyai makna ikan petarung ataupun ikan cupang.

  1. Ikan cupang halfmoon

Ikan cupang halfmoon mempunyai ekor yang besar serta wujudnya semacam separuh bundaran mirip dengan wujud separuh bulan, semacam namanya halfmoon. Tipe ikan cupang yang satu ini dikembangbiakkan di penangkaran secara ketat, ikan tipe ini tidak dapat ditemui di alam liar. Ikan cupang halfmoon umumnya dibiakkan di antara para pakar buat dipamerkan dalam pameran ikan cupang. Ikan cupang halfmoon awal kali dibiakkan pada tahun 1980. Ikan cupang tipe ini agak susah dalam tumbuh biak serta mempunyai sikap yang kasar.

Tipe ikan cupang bersumber pada warna

  1. Ikan Cupang Biru

Ikan cupang biru mempunyai corak warna yang beragam. Warna yang sangat universal merupakan warna biru yang nyaris keabu- abuan.

  1. Ikan cupang black orchid

Ikan cupang black orchid mempunyai warna totalitas yang hitam. Terkadang terdapat sedikit warna ungu ataupun biru di sejauh badannya. Terdapat 3 alterasi dari ikan cupang tipe ini, terdapat melano, black lace serta metalik.

  1. Ikan cupang merah

Ikan cupang merah merupakan warna yang sangat dominan. Umumnya ikan tipe ini timbul dengan warna merah yang mencolok di segala badannya. Terkadang warna merahnya pula nampak semacam warna merah yang luntur.

  1. ikan cupang pink

Ikan cupang merah jambu ataupun pink terkadang nampak semacam dapat tembus sinar. Ikan cupang ini nampak transparan yang kerap kali mirip dengan ikan cupang warna albino.

  1. Ikan cupang kuning

Ikan cupang kuning pula ialah warna yang sangat universal ditemui. Ikan cupang kuning biasanya mempunyai warna kuning di sekujur badannya. Alterasi ini mempunyai banyak corak kuning yang berbeda, dari warna yang tebal hingga ke warna yang sangat lembut.

Tipe ikan cupang bersumber pada corak

  1. Ikan cupang dragon scale

Ikan cupang dragon scale merupakan corak yang relatif baru. Ikan cupang tipe ini dibiakkan dengan sangat selektif. Ikan cupang dragon scale sangat terkenal sebab warna metaliknya yang cerah. Ikan cupang dragon scale mempunyai sisik badan yang menyamai sisik kadal ataupun naga.

  1. Ikan cupang butterfly

Ikan cupang butterfly umumnya mempunyai warna badan yang solid serta memanjang sampai ke pangkal sirip serta ekor. Umumnya ikan cupang tipe ini mempunyai sirip serta ekor yang bercorak putih ataupun transparan.

  1. Ikan cupang marble

Ikan cupang marble merupakan salah satu corak yang lumayan terkenal sebab mereka mempunyai alterasi warna yang unik. Perihal terbaik dari tipe ini merupakan mereka dapat meningkatkan rupanya bersamaan waktu.

  1. Ikan cupang koi

Ikan cupang koi merupakan alterasi tipe marble. Semacam namanya, tipe ini dibiakkan menyamai ikan hias koi yang sangat terkenal.

Pembaharuan Tipe Ikan Cupang Bernilai Tinggi

Berikut ini merupakan bonus pembaharuan menimpa jenis- jenis ikan cupang

  1. Ikan Cupang Kachen Worachai

Tipe ikan cupang ini diambil dari nama pemiliknya ialah Kachen Worachai yang berasal dari Bangkok, Thailand.

Disebut- sebut negeri ini ialah asal muasal keberadaan ikan cupang. Ikan Cupang Kachen sendiri banyak diperbincangkan semenjak tahun 2016 sebab dilelang secara online dengan harga yang sangat mahal ialah US$1. 530 ataupun setara Rp 20 juta.

Perihal ini disebabkan keunikan motifnya ialah biru tua, putih serta merah semacam warna bendera Thailand. Setelahnya menyusul ikan cupang blue rim, yang dibandrol dengan harga Rp. 60 Juta/ ekornya.

  1. Ikan Cupang Fancy

Ikan cupang dengan harga termahal yang lain dihuni oleh tipe ikan cupang Fancy dengan dimensi sirip yang tidak sebesar ikan cupang halfmoon, tetapi dilengkapi dengan warna yang sangat menawan serta gradasi warna yang bermacam- macam sampai 3 ukuran.

Ikan cupang fancy sendiri populer dengan campuran rupanya yang bergradasi semacam lukisan. Buat biayanya, ikan ini dibandrol dengan harga yang lumayan mahal bergantung pada seberapa unik corak warna yang dimilikinya ialah berkisar antara Rp 100. 000/ ekor, sedangkan buat ikan cupang fancy juara menggapai harga Rp 2. 000. 000/ ekornya.

  1. Ikan Cupang Betta Coccina

Ikan Cupang Betta Coccina berasal dari Provinsi Sumatera tepatnya merupakan di Riau serta Jambi dan Johor Malaysia ialah salah satu ikan cupang dengan tipe ataupun dimensi terkecil. Biasanya mempunyai identitas warna merah ataupun coklat dengan karakteristik khas titik pada bagian di punggungnya dan warna matanya yang biru terang serta sangat menarik.

  1. Ikan Cupang Betta imbellis

Ikan Cupang Betta imbellis ataupun Slugger’ s Betta ialah sejenis cupang yang berasal dari provinsi Medan Indonesia serta Malaysia dengan karakteristik khasnya terletak pada wujud badan silinder serta warna badan hijau tua ataupun biru brilian, kepalanya sendiri mempunyai wujud bundar panjang dengan warna gelap legam. Sirip insangnya dilengkapi dengan warna gelap yang transparan. Tetapi sering ditemukan pula sirip insang bercorak merah.

  1. Ikan Cupang Double Tail

Ikan cupang double trail mempunyai ciri pada ekor yang nampak semacam terbelah 2 dengan warna yang berbeda. Secara wujud ikan ini sangat mirip dengan cupang halfmoon ataupun ikan bulan sepotong.

Sebab karakteristiknya ikan ini setelah itu dinamakan double tail ataupun ikan ekor ganda. Ikan cupang double trail pula mempunyai alterasi warna yang bermacam- macam dan lumayan sangat jarang di pasaran, ikan cupang double tail umumnya dijual dengan harga yang relatif lebih mahal dari ikan cupang yang lain karena kesulitannya dikala dibudidayakan.

Buat harga ikan cupang double tail anakan umumnya berkisar di antara Rp 100. 000 serta ikan cupang double tail juara berkisar antara Rp 2. 000. 000 per ekornya.

  1. Ikan Cupang Betta Smaragdina

Ikan Cupang Betta Smaragdina ataupun Emerald Betta ialah ikan cupang yang berasal dari negeri kamboja. Badannya biasanya berupa pipih serta bercorak hijau kehitaman dengan kepala pendek bercorak kehitaman pula. Sirip insang pula didominasi oleh warna gelap yang transparan.

  1. Ikan Cupang Giant

Ialah persilangan dari bermacam tipe cupang serta mempunyai dimensi yang lebih besar dibandingkan banyak ikan cupang pada biasanya. Apalagi, ikan cupang giant ini mempunyai panjang menggapai 10- 15 centimeter.

Ikan cupang giant hendak sangat sesuai buat dijadikan selaku ikan cupang aduan sebab wujud badannya yang besar serta lebih kasar. Sebab ukurannya yang lebih besar ria dibandrol dengan lebih mahal. Dibandrol dengan harga anakan Rp 50. 000 sampai ikan cupang giant petarung di kisaran Rp 500. 000 sampai Rp 1. 000. 000/ ekornya.

  1. Ikan Cupang Big Ear

Terakhir merupakan ikan cupang big ear selaku tipe ikan cupang yang pula lumayan mahal sebab karakteristik khasnya pada zona sirip yang disebut- sebut selaku kuping gajah karena ukurannya yang lumayan besar.

Ikan cupang big ear ini ialah tipe cupang persilangan dengan warna dominan orange serta kuning dan warna putih pada zona sirip serta ekornya. Harga ikan cupang big ear dekat Rp 400 ribu/ Ekornya. Makanannya sendiri antara lain Jentik nyamuk, Cacing sutra, Cacing Darah serta Kuning Telur. Diperlukan intensitas dalam menjaga ikan cupang big ear ini.

Perbandingan Ikan Cupang Hias serta Ikan Cupang Adu

Kemudian apa perbandingan antara ikan cupang hias serta ikan cupang adu? Ikan hias pastinya bisa dengan gampang dilihat dari wujudnya dibandingkan ketangguhannya, mempunyai karakteristik wujud sirip serta ekor yang lebih Panjang dibanding ikan cupang pada biasanya, tidak hanya itu ada pula wujud struktur yang khas pada bagian tulang sirip serta ekornya, warna badan ikan cupang pula biasanya sangat cerah serta atraktif, Gerakan cupang hias umumnya lebih tenang bila dibanding ikan cupang petarung.

Pada bagian sirip serta ekor ikan hias hendak terkembang sempurna menampilkan wujud yang khas. Sebagian tipe ikan cupang yang masuk dalam jenis ikan cupang hias antara lain Ikan Cupang Betta splendens,

Ikan Cupang serit( crown tail), Ikan Cupang cagak( double tail), Ikan Cupang bulan setengah( halfmoon). Sedangkan pada ikan cupang adu ataupun ikan cupang petarung umumnya berasal dari tipe Ikan Cupang Betta imbellis, Ikan Cupang Betta mahachai, Ikan Cupang Betta splendens, serta alterasi silangannya.

Identitas ikan petarung antara lain terletak pada Wujud badannya yang relatif besar, Gerakan Ikan Cupang petarung pula cenderung lebih kasar serta tidak anggun semacam pada ikan hias, dikala marah Ikan Cupang petarung pada zona sirip- siripnya hendak mengembang secara sempurna dikala berhadapan dengan musuh. Demikian data menimpa ikan cupang. Mudah- mudahan berguna

Related posts